Selasa, 31 Januari 2012

1. PENGERTIAN IBD

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya dasar,dalam bahasa inggris di sebut basic merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberi pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dapat di gunakan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan . masalah manusia tidak dapat di pisahkan dari masalh budaya atau pengetahuan budaya yang juga disebut humaniora. Humaniora adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan membuat manusia menjadi lebih manusiawi  dalam pengertian manusia lebih berbudaya.
Ilmu budaya dasar memperoleh bahan pengetahuan humaniora,seperti teologi,filsafat,ilmu hukum,ilmu sejarah, ilmu bahasa,kesusastraan,dan ilmu kesenian. Dari humaniora,kemudian berkembang dalam humanisme,dari bahasa latin  yang artinya yang artinya aliran atau paham.pada mulainya,humanisme merupakan aliran kebudayaan yang terbatas untuk mengkaji soal-soal budaya dan sastra Yunani dan Romawi Kuno,yang merupakan budaya Klasik Eropa. dalam pendangan hidup yang ingin memahami  manusia dan kemanusian sebagai dasar dan tujuan dari segala pemikiranilmupengetahuan,kebudayaan,agama,
dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :



1.     Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )
Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah.
2.     Ilmu-ilmu Sosial ( social science )
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hash penelitiannya tidak mungkin 100 % benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.     Pengetahuan budaya ( the humanities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti
Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) scni dan filsafat. Sedang Ilmu Budaya Dasat ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
         Ilmu budaya dasar sebagai salah satu komponen mata kuliah bertujuan untuk mengembangkan daya tanggap,persepsi,penalaran,dan apresiasi berkenaan dengan lingkungan budaya (Sub-Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,1983) dengan demikian mahasiswa yang mendapat mata kuliah ilmu budaya dasar dapat lebih tanggap, memiliki penglihatan pikiran yang lebih mendalam,serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya. Selanjutnya,diharapkan agar mereka dapat ikut dalam pengembangan kebudayaan bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang yang lihur nilainya ilmu budaya dasar memang perlu di berikan kepada mereka karena sebagai berikut:
A.  Mahasiswa perlu mengenal lebih mendalam dirinya sendiri sebagai manusia maupun orang laen yang sebelomnya lebih dikenal luarnya saja,misalnya pikiran dan perasaan
B.  Mahasiswa perlu mengenal perilaku diri sendiri sebagai manusia maupun orang lain sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
C.  Mahasiswa perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa  dan perasaan manusia, serta tahu masalah perilaku manusia
D.  Mahasiswa perlu tanggap pada hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebi intens terhadap masalah-masalah pemikiran,perasaan,serta perilaku manusia,dan ketentuan yang menciptakannya.

       Setelah mengetahui apa yang menjadi tujuan diberikannya mata kulaih ilmu budaya dasar pada perguruan tinggi dan sadar akan perlunya mata kuliah ilmu budaya dasar dapat ditempuh berbagai cara untuk memperoleh hasil yang optimal. Cara yang paling umum adalah ceramah yang di adakan oleh dosen  dan mengadakan diskusi yang dapat memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat dalam suatu forum.

Sumber:
www.goggel.com
Buku : W.Supartono.2004.ilmu budaya dasar.Ghalia indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar